Selamat Datang di Blog Hidup Sehat

Blog Hidup Sehat merupakan kumpulan berbagai informasi dan tips menarik mengenai kesehatan, kecantikan, olahraga dan gaya hidup yang akan membuat hidup Anda lebih sehat, cantik dan bergaya.


Hamil Cerdas

 Hamil pintar?! Apakah itu?  Kalau menurut Dian Nitami, hamil yang tetap cantik dan mengendalikan kenaikan berat badan.  It’s a point, indeed. 
Tapi apa iya hanya sebatas itu saja definisi hamil pintar?  Ada hal-hal lain yang berhubungan dengan kehamilan dimana para ibu hamil juga harus pintar.
Pintar Mengendalikan Berat Badan
Selama hamil anda memang harus menambah berat badan, tapi usahakan kenaikan berat badan ini berkisar antara 6,5 – 15 kg (a), atau rata-rata 11 kg.  Walaupun hamil, bukan berarti anda bisa makan sesuka anda atau makan dengan porsi 2 kali lipat.  Salah-salah bisa kelebihan berat badan, dan ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi selama kehamilan, misalnya darah tinggi dan ketegangan jantung.  Disamping itu juga dapat meningkatkan resiko melahirkan melalui operasi Caesar.  Alasannya, serabut-serabut otot rahim bekerja kurang efisien dikarenakan timbunan lemak, akibatnya kontraksi rahim tidak cukup kuat untuk mengeluarkan bayi sehingga harus dilakukan operasi Caesar (b).  Sebaliknya kenaikan berat badan yang kurang akan beresiko melahirkan bayi dengan berat badan rendah, sedangkan si ibu juga beresiko menderita pendarahan ketika melahirkan (c).  Kenaikan berat badan ibu mutlak diperlukan baik bagi janin maupun sebagai persiapan menyusui kelak.  Sebagai informasi, distribusi kenaikan berat badan pada tubuh ibu adalah sebagai berikut; 6% untuk kenaikan berat payudara, 29% nya adalah berat bayi, 6% untuk plasenta, 8% air ketuban, 25% penimbunan lemak dan cairan tubuh, sedangkan 16% nya untuk kenaikan volume darah (d).
Pintar Memilih Makanan
Ingat, bukan kuantitas tetapi kualitas makanan lah yang harus anda perhatikan!  Lebih baik makan dalam porsi kecil tetapi sering daripada makan sekaligus dalam porsi besar, karena selama hamil anda akan sering merasa lapar.  Lagipula, makan dalam porsi besar dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di perut anda.  Makanlah dengan komposisi gizi yang seimbang dan jangan melewatkan waktu makan.  Ibu hamil memerlukan zat-zat gizi yang lengkap, yaitu kalori, protein, serat, asam folat, kalsium, zat besi, air, dan vitamin (b).  Selama hamil sebaiknya anda mengurangi makanan yang dapat menyebabkan heartburns seperti goreng-gorengan dan makanan pedas.  Kurangi juga konsumsi gula dan makanan awetan.  Jangan lupa memperbanyak minum air putih.
Pintar Menjaga Kesehatan dan Kebugaran
Jalan kaki adalah olahraga yang paling baik bagi ibu hamil.  Selain itu juga mudah dan murah.  Bagi anda yang sebelum hamil sudah terbiasa melakukan olahraga yang high impact, mungkin masih dapat melakukannya ketika hamil namun anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter anda terlebih dahulu.  Berenang juga sangat baik bagi ibu hamil, terutama ketika perut anda semakin besar.  Berenang atau sekedar bergerak dalam air akan membuat tubuh anda rileks.
Anda juga harus mematuhi jadual kontrol/pemeriksaan kehamilan untuk memastikan bahwa anda dan janin dalam keadaan sehat.  Sebaiknya anda belajar teknik pernafasan dalam karena selain berguna selama kehamilan juga akan diperlukan ketika proses persalinan nanti.  Meskipun anda rutin melakukan senam hamil sendiri di rumah, usahakan mengikuti kelas senam hamil walaupun hanya 1-2 kali saja.  Sebab, keberadaan bidan/instruktur senam penting untuk mengetahui apakah teknik anda sudah benar atau belum.  Selain itu anda dapat menanyakan berbagai hal tentang proses persalinan.  Anda juga dapat bertukar pikiran dengan ibu-ibu hamil lainnya.
Selama hamil, anda harus menjaga kebersihan badan.  Ibu hamil juga perlu berdandan supaya tetap tampak menarik dan bugar.  Dan yang paling penting, anda harus bijaksana menangkap sinyal-sinyal yang diberikan oleh tubuh anda.  Kehamilan memang bukan halangan untuk melakukan aktivitas anda, misalnya menyetir mobil atau travelling.  Tapi jangan juga memaksakan diri.  Jika anda mulai merasa sedikit lelah, beristirahatlah.  Slow down.  Anggap saja kehamilan anda sebagai kesempatan untuk beristirahat dan memanjakan tubuh.
Pintar Menghadapi Berbagai Keluhan Kehamilan
Selain merasa bahagia dan bersyukur, selama kehamilan anda juga akan mengalami berbagai keluhan kesehatan.  Morning sickness adalah keluhan yang umum terjadi.  Selain itu, anda mungkin juga akan mengalami kram, heartburns, sakit punggung, pergelangan kaki bengkak, sembelit,dll.  Terima kehamilan anda dengan kesadaran bahwa dengan kehamilan ini tubuh (selain juga hidup anda) anda akan berubah.  Kadang-kadang, mengetahui apa yang sedang terjadi di dalam tubuhnya akan menenangkan ibu hamil dan memudahkannya menangani keluhan-keluhan selama kehamilan.  Namun ada juga ibu hamil yang malah menjadi takut jika banyak membaca tentang kehamilan.  Kalau anda termasuk yang kategori yang terakhir, jangan memaksakan diri.  Tetapi sebaiknya anda tetap menggali informasi entah dari dokter, bidan, atau sharing dengan teman-teman yang sudah mempunyai anak.  Memilih makanan yang tepat juga membantu mengurangi keluhan kesehatan anda, misalnya perbanyak makan buah dan sayuran akan mencegah sembelit.
Pintar dalam Mempersiapkan Kelahiran
Ada baiknya sedini mungkin anda dan suami mencari tahu tentang tempat melahirkan (mau di klinik/RSIA atau di rumah sakit umum), tenaga medis yang akan menolong persalinan (ingin ditolong bidan atau dokter), fasilitas di tempat yang anda pilih, dan apakah di tempat yang anda pilih bisa memberikan obat penghilang rasa sakit jika anda memintanya.  Mengetahui fasilitas medis yang dimiliki oleh RS atau klinik yang anda pilih adalah sangat penting, mengingat di negara kita ini ternyata masih ada rumah sakit besar yang tidak siap jika tiba-tiba persalinan tidak bisa dilakukan per vaginam.
Sebaiknya begitu usia kehamilan mencapai 7 bulan, anda menyiapkan tas yang berisi perlengkapan anda selama di rumah sakit, seperti gurita, baju ibu, baju dan popok bayi, selimut dan topi bayi, dan perlengkapan kosmetik.  Sebaiknya anda memastikan apakah selama di RS/klinik baju dan popok bayi sudah disediakan atau anda harus membawanya sendiri.  Biasanya setelah nujuh bulanan, ibu hamil mulai hunting berbagai perlengkapan bayi.  Kecuali anda memang menyediakan dana yang besar (atau bahkan unlimited) untuk perlengkapan bayi, sebaiknya anda membeli apa yang benar-benar dibutuhkan.  Buatlah kelompok daftar perlengkapan bayi, -misalnya toiletries, baju-baju, tempat tidur bayi,- dan berbelanjalah sesuai dengan daftar tersebut.  Berbelanja perlengkapan bayi memang mengasyikkan.Â
Jaman sekarang ini perlengkapan bayi sangat bervariasi dan lucu-lucu.  Sebelum anda merasa menyesal telah menghamburkan uang untuk barang-barang yang sebenarnya tidak begitu diperlukan, anda harus selalu ingat dengan daftar belanjaan yang telah anda buat. (EG)
sumber : ibudananak.com

Powered by : Crystal X

KESAKSIAN PEMAKAI CRYSTAL X

Crystal X
Vagina Kembali Kencang Seperti Perawan, Obat Keputihan, Mencegah Kanker Serviks, Menghilangkan Bau Tidak Sedap
Selain mengembalikan sensasi keperawanan Crystal-X juga membersihkan vagina dari Keputihan, Jamur-Virus-Bakteri dan Bau Tak Sedap.

SEBELUM DI TUTUP LIKE/SUKA YA !!!