Selamat Datang di Blog Hidup Sehat

Blog Hidup Sehat merupakan kumpulan berbagai informasi dan tips menarik mengenai kesehatan, kecantikan, olahraga dan gaya hidup yang akan membuat hidup Anda lebih sehat, cantik dan bergaya.


Ibu Sehat, Bayi Sehat

Sehat jiwa dan raga merupakan syarat mutlak bagi ibu hamil. Sebab ibu yang sehat akan menghasilkan bayi yang sehat pula. Seorang ibu hamil dikatakan sehat secara kejiwaan, jika jiwanya tidak terganggu. Artinya, secara rohani ia menikmati benar kehamilannya.

Sementara itu, kehamilan yang sehat secara jasmani ditunjukkan oleh adanya perubahan yang optimal seiring dengan bertambahnya usia kehamilan ibu. Misalnya, bertambahnya berat badan, janin tumbuh dengan baik, dan berbagai perubahan lain.

Syarat apakah yang harus dipenuhi agar selama masa kehamilan ibu sehat fisik maupun rohani? Dalam buku Nakita Ibu Sehat Janin Kuat, ada empat kunci utama yang perlu diperhatikan ibu agar kehamilannya sehat, yakni mempersiapkan diri selama kehamilannya, menjalani pola hidup sehat, melindungi tubuh dari serangan penyakit, dan mencegah timbulnya penyulit kehamilan.

Persiapkan Diri
Calon ibu sebaiknya memeriksakan kehamilannya sedini mungkin, sehingga dokter dapat memantau perkembangan janin maupun kesehatan ibu selama masa kehamilan. Masa penting yang menuntut perhatian ekstra terutama saat kehamilan trimester I, karena pada saat ini pembentukan organ dan perkembangan janin berlangsung secara optimal. Dengan melakukan pemeriksaan sedini mungkin, dokter dapat mendeteksi adanya kelainan atau gangguan lain, seperti infeksi toksoplasma, kekurangan gizi, gangguan hormonal ataupun gangguan lainnya.

Satu faktor penting yang perlu dipersiapkan oleh kedua pasangan adalah menerima kehamilan sebagaimana adanya. Tidak ada kata "belum siap". Begitu kehamilan terjadi, persiapkan diri untuk menyambut kehadiran anggota baru dalam keluarga Anda.
Pola Hidup Sehat
Pola hidup sehat adalah satu faktor penting yang mesti dipatuhi ibu hamil. Kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, minum kopi, penggunaan obat secara sembarangan, serta mengkonsumsi makanan dengan gizi tak seimbang harus disingkirkan jauh-jauh.
Merokok dapat meningkatkan risiko keguguran pada trimester awal, perdarahan pada trimester akhir kehamilan, sampai pada gangguan pertumbuhan, dan bahkan cacat lahir. Ibu hamil yang mengkonsumsi alkohol akan menyebabkan pertambahan berat badan di bawah normal, baik sebelum maupun sesudah kelahiran. Bahkan jika konsumsinya berlebihan akan menyebabkan fetal alcohol syndrome, yaitu bayi dilahirkan dengan berbagai kelainan jantung, sistem saraf pusat, keterbelakangan mental dan lainnya. Asupan gizi yang kurang dan tak seimbang akan menyebabkan tumbuh kembang janin tidak optimal.
Membentengi Tubuh
Berbagai penyakit dapat menyebabkan berbagai masalah pada bayi. Kelainan metabolik seperti tingginya kadar gula darah ibu dapat menyebabkan bayi lahir melebihi berat badan normal. Jika saja selama kehamilan kadar gula terkontrol tentu saja dampaknya dapat diminimalisir. Beberapa penyakit infeksi yang berdampak pada kesehatan bayi misalnya, rubella, varicella, dan hepatitis. Karena itu bentengi tubuh dari penyakit-penyakit tersebut.
Cegah Penyulit KehamilanKehamilan biasanya membawa perubahan pada ibu hamil. Misalnya, mual, muntah-muntah, sembelit, lelah, kram otot, dan beberapa perubahan lainnya. Agar kondisi tersebut tidak menganggu kenyamanan ibu hamil, sebaiknya setiap perubahan perlu segera ditangani.
Jadi, anak yang sehat terlahir dari orangtua yang sehat fisik maupun raganya.
Mineral, Tidak Lebih atau Kurang
Jika saat tidak hamil, seorang ibu membutuhkan 1900-2400 kkal/hari, maka ketika hamil terjadi pertambahan energi sebesar 285 kkal/hari. Sementara untuk protein, ibu hamil membutuhkan tambahan protein sebesar 12 gram. Energi tersebut sebaiknya mengacu pada makanan yang bersumber dari karbohidrat (padi-padian, umbi-umbian), protein (protein hewani: daging, susu, telur, unggas, ikan, dan sumber laut lainnya, dan protein nabati: kedele, dan kacang-kacangan lainnya). Untuk sumber lemak, kebutuhannya dapat dipenuhi dari lemak hewan dan nabati, kacang-kacangan dan biji-bijian. Demikian halnya dengan kebutuhan vitamin maupun mineral, ibu hamil membutuhkan jumlah yang lebih besar dibanding ketika tidak hamil.
Mineral PentingTak dapat dipungkiri, tubuh membutuhkan vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup, tak terkecuali ibu hamil. Hanya saja, tak semua vitamin dan mineral dapat dikonsumsi bebas. Vitamin A misalnya, penting untuk pertumbuhan sel dan embrio. Namun, kelebihan vitamin ini akan menyebabkan cacat pada janin. Jumlah vitamin A yang harus dipenuhi ibu hamil adalah 800-2100 IU.
Kecukupan vitamin C pada ibu hamil berhubungan erat dengan preeklamsia dan keguguran, karena itu jumlahnya harus tercukupi. Vitamin C juga membantu sistem kekebalan tubuh, menetralkan polusi, dan membantu pembentukan tulang rawan, sendi, kulit, dan peredaran darah. Vitamin C juga disebut-sebut dapat mencegah lahir prematur.
Salah satu vitamin yang diberikan sejak awal kehamilan adalah asam folat. Kebutuhan asam folat pada ibu hamil meningkat dari 50 mikrogram sebelum hamil menjadi 800 mikrogram hingga 1 miligram perhari saat hamil. Kekurangan vitamin ini akan menyebabkan anemia. Selain asam folat, anemia juga disebabkan oleh kekurangan zat besi. Defisiensi zat besi ini konon juga dapat menyebabkan gangguan perkembangan otak janin. Pada wanita hamil zat besi membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
Kalsium termasuk salah satu mineral penting yang harus dipenuhi oleh ibu hamil, terutama pada trimester III kehamilan, karena penting untuk pertumbuhan tuland dan gigi janin yang dikandung. Jika kekurangan, maka kebutuhan akan diambil dari tabungan kalsium pada tulang ibu. Ada pendapat, penyerapan kalsium akan efektif jika saat mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dibarengi dengan minum susu. Laktosa dalam susu akan membantu penyerapan kalsium oleh usus.

Powered by : Crystal X

KESAKSIAN PEMAKAI CRYSTAL X

Crystal X
Vagina Kembali Kencang Seperti Perawan, Obat Keputihan, Mencegah Kanker Serviks, Menghilangkan Bau Tidak Sedap
Selain mengembalikan sensasi keperawanan Crystal-X juga membersihkan vagina dari Keputihan, Jamur-Virus-Bakteri dan Bau Tak Sedap.

SEBELUM DI TUTUP LIKE/SUKA YA !!!