Selamat Datang di Blog Hidup Sehat

Blog Hidup Sehat merupakan kumpulan berbagai informasi dan tips menarik mengenai kesehatan, kecantikan, olahraga dan gaya hidup yang akan membuat hidup Anda lebih sehat, cantik dan bergaya.


Photobucket

GATAL PADA LUKA

HIDUP SEHAT - Biasanya dinamakan koreng, luka akan terasa gatal jika akan sembuh dari sakitnya. Biasanya kalau di garuk akan lecet dan makin lama proses kering dan sembuhnya.

Gatal Pada Luka
Dokter dari RSUD Arjawinangun, Cirebon, dr. Lastri Swastanita menjelaskan, sebenarnya gatal tersebut merupakan bukti penyembuhan bagi kulit luka. "Kalau kulit kita luka, bakal ada proses wound healing. Dalam prosesnya, yang menyebabkan gatal itu adalah histamine," ujarnya kepada Plasadana.com, yang menghubunginya untuk Yahoo Indonesia.

Kata dokter kelahiran tahun 1989 ini, ada proses dalam penyembuhan luka atau wound healing. Awalnya, fase inflamasi (peradangan), yakni fase pembekuan darah dan jaringan luka. Histamine atau senyawa normal yang ada dalam tubuh muncul saat proses penyembuhan jaringan luka. Histamine menarik sel darah putih untuk penyembuhan, biasanya selama dua hari.

Kemudian, pada fase berikutnya (fase proliferasi), proses penyembuhan makin pesat. Serabut fibrin, jaringan ikat di tubuh, produksi kembali. Lalu, pembuluh darah kembali terbentuk dan mulai mengalirkan kembali darah di tempat luka. Fase ini berlangsung selama 3-21 hari.

"Nah, di tahap ini (tahap proliferasi), karena semua hal di atas (pembentukan serabut fibrin dan pembentukan pembuluh darah), kulit kita bakal terasa gatal. Makanya kita pengen garuk," ujarnya.

Terakhir adalah fase remodeling. Fase ini merupakan pengembalian keadaan kulit menjadi sehat. Proses pengembalian bisa berlangsung hingga dua tahun. Pasalnya, perbaikan terjadi di semua struktur: otot, kulit, hingga syaraf untuk kembali seperti sedia kala.

Lastri mengingatkan, apabila rasa gatal pada luka digaruk, proses penyembuhan bakal makin lama. Jaringan ikat, serabut fibrin dan pembuluh darah yang masih belum sempurna rusak akibat digaruk. Hal ini bisa diperparah dengan perilaku orang yang menggaruk luka dengan tangan kotor. Alhasil, bekas luka menjadi infeksi dan muncul nanah dalam proses pengobatan tersebut.

"Kalau pas digaruk muncul nanah, ya berarti sejak awal, itu luka memang kotor. Sudah terinfeksi," ujarnya.

Lastri menjelaskan, mengatasi rasa gatal di sekitar luka bisa dengan cara ditekan di bagian luka. Namun jangan terlalu keras.

Apabila tidak ingin mengambil risiko dalam proses penyembuhan, penderita bisa menggunakan produk anti gatal atau obat minum. Obatnya pun harus sesuai saran dari dokter.

Powered by : Crystal X

KESAKSIAN PEMAKAI CRYSTAL X

Crystal X
Vagina Kembali Kencang Seperti Perawan, Obat Keputihan, Mencegah Kanker Serviks, Menghilangkan Bau Tidak Sedap
Selain mengembalikan sensasi keperawanan Crystal-X juga membersihkan vagina dari Keputihan, Jamur-Virus-Bakteri dan Bau Tak Sedap.

SEBELUM DI TUTUP LIKE/SUKA YA !!!